Minggu, 21 Januari 2018

Distorsi Pemahaman Gerakan Mahasiswa

Hasil gambar untuk mahasiswa pergerakan
Sumber gambar: https://indoprogress.com


Siapa yang mengatakan Organisasi Mahasiswa (Ormawa) itu Ilegal. Mungkin yang menstigma Ilegal adalah orang-orang yang mengalami Kesesatan berfikir bahkan mengalami distorsi pemahaman sejarah. Didalam Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terdapat elamen mahasiswa pergerakan, gerakan, serata himpunan yang legalitasnya diakui secara konstitusional. 

Sejarah bangsa Indonesia tidak pernah terlepas dari Gerakan mahasiswa. Bagaimana gerakan mahasiswa turut andil dalam catatan sejarah bangsa Indonesia. Jangan terjebak didalam nyaman-nya rezim penuh dusta. Menumbuhkan kesadaran akan pergerakan, gerakan bahkan himpunan bukanlah sebuah hal yang Ilegal di negara ini. Kemerdekaan berserikat dan berorganisasi juga telah diatur dalam UUD 1945 Pasal 28e ayat 3. Lantas apa yang membuat gerakan mahasiswa hilang nyali dalam mendobrak batas kebusukan sebuah tiran?

Stigma-stigma kebusukan bahkan kesesatan adalah salah satu faktor yang menyebabkan layunya gerakan mahasiswa indonesia. Lalu apa yang Menyebabkan stigma busuk dan sesat bisa tertanam dalam fikiran mahasiswa? Stigma negatif tidak serta merta tumbuh dan lahir dengan sendirinya. Stigma tersebut dilahirkan melalui rahim komunitas Abu-abu; bahkan cenderung tidak jelas. Mereka menyuntikkan sebuah pemahaman yang salah bahkan cenderung tidak mendasar. Alhasil Organisasi Mahasiswa dianggap Ilegal dan tidak pantas menginjakkan kaki Didalam sebuah Universitas.

Kenapa harus takut berfikir beda? Bukan kah bangsa ini lahir atas sebuah perbedaan? Nietzsche pernah mengatakan bahwa cara paling mudah untuk merusak anak muda adalah menyuruhnya menjunjung tinggi mereka yang berfikir sama ketimbang mereka yang berfikir beda. Tidak pernah salah jika kalian meletakkan prinsip sebagai mahasiswa Pergerakan, Gerakan, bahkan Himpunan sebagai sebuah pijakan dalam membangun bangsa Indonesia.

Menjadi mahasiswa adalah sebuah pilihan. Namun menjadi sebuah Mahasiswa Pergerakan adalah sebuah Kewajiban.

Ditulis oleh Alif Perdana, Ilmu Politik 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tambahkan Komentar